Senin, 10 Desember 2012

Analisis Kuisioner

Berdasarkan KUISIONER yang dibagikan kepada 25 mahasiswa maka analisisnya adalah sebagai berikut

DATA HASIL SURVEY DAN PENGOLAHAN

Pengolahan Kuisioner

1.      Untuk mendapatkan informasi pengaruh Jejaring sosial dilakukan dengan penelitian kuisioner yang dibagikan. Daftar pengisi kuisioner terdiri dari 25 mahasiswa UKDW yang berasal dari 6 Program studi yang berbeda, yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Desain Produk, Kedokterandan Akutansi. Tujuan dari pemilihan responden adalah dilihat dari kepentingan dalam menjalin relasi dengan kebutuhan pendidikan.
2.      Berdasarkan hasil survey yang dilakukan dengan 25 ahasiswa tersebut Jejaring sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook dengan jumlah 13 respondeng, sedangkan pengguna Twitter 8 dan sisanya yaitu 4 responden menggunakan kedua jejaring sosial tersebut.  Dan 80% responden menyatakan sering menggunakan Jejaring sosial. Dengan  demikian jejaring sosial memang dimanfaatkan oleh mahasiswa. Beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari jejaring sosial akan dibahas di soal-berikutnya.
3.      Dalam satu hari seseorang memanfaatkan jejaring sosial ini dengan berbagai durasi waktu, yaitu :
a.       <1 jam/ hari : 5 responden
b.      1-3 jam/hari : 9 responden
c.       3-5 jam /hari : 3 responden
d.      >5 jam/hari : 8 responden
4.      Semua responden merasa dengan jejaring sosial mereka mendapatkan teman dan dapat bersosialisasi dengan baik.
5.      Beberapa hal yang dirangkum dalam kuisioner ini tentang hal-hal yang biasa dilakukan saat menggunakan jejaring sosial,
a.       Update status : 5 responden
b.      Berkomunikasi dengan teman lain : 10
c.       Berbagi informasi : 2
d.      Bermain Game : 6
e.       Sisanya menjawab dengan dua jawaban yaitu Update status dan Berkomunikasi dengan teman lain sebanyak 2 responden.
6.      Beberapahal yang sering dialami responden selama menggunakan jejaring sosial :
a.       Mendapatkan Pacar : 5 responden
b.      Lebih dekat dengan dosen : 6 responden
c.       Menambah jaringan : 16 responden
d.      Meningkatkan percaya diri : 11 responden
e.       Memenangkan undian :  4 responden
f.       Bermasalah dengan pacar : 0 responden
g.      malu dengan dosen : 3 responden
h.      Difitnah Orang : 2 responden
i.        Semakin tersendiri : 1 responden
j.        Pelecehan dengan text : 4 responden
7.      Komunikasi yang disukai oleh responden, sebagai berikut :
a.       Chatting : 6 responden
b.      Telephone : 7 responden
c.       SMS : 1 responden
d.      Face to face : 11 responden
8.      Kemudahan yang didapat dari jejaring sosial ;
a.       Terbantu : 14 responden
b.      Tidak terbantu : 0 responden
c.       Biasa saja : 9 responden
d.      Ragu-ragu : 1 responden
9.      Berdasarkan kuisioner diperoleh data bahwa 64 % responden pernah melakukan curhat di jejaring sosial. Sedangkan 36% yang lainya tidak pernah melakukan curhat melalui jejaring sosial. Dan dari 64% responden yang melakukan curhat melalui jejaring sosial hanya 37,5% yang merasa puas saat melakukan curhat dijejaring sosial.
10.  75% dari responden melakukan akses jejaring sosial di rumah baik menggunakan PC, 60% menggunakan 20 % menggunakan Laptop dan selebihnya menggunakan Handphone dan variasi dari alat komunikasi tersebut. Selebihnya beberapa responden melakukan akses jejaring sosial di kampus dan warnet.
11.  Selain melakukan jejaring sosial beberapa responden melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan jejaring sosial, yaitu :
a.       Bersosialisasi 8 responden
b.      Membaca buku 6 responden
c.       Nonton Film 8 responden
d.      Selebihnya Tidur dan Main Game.

Analisis Survey

Analisis  minat penggunaan jejaring sosial antara fakultas teknik informasi dan fakultas lain non-teknologi informasi.

Kurang lebih 50% dari responden menggunakan jejaring sosial antara 1-3 jam/hari. Dengan demikian jejaring sosial hanya untuk mengisi waktu luang. Namun bagi orang-orang tertentu jejaring sosial menjadi sangat penting, karena mereka cenderung menggunakan jejaring sosial lebih dari 5 jam/hari. Dan 25 responden sepakat bahwa mereka mendapatkan lebih banyak teman dengan jejaring sosial dan merasa terbantu.
Tabel 1 : Rekapitulasi waktu penggunaan jejaring sosial berdasarkan fakultas TI dengan fakultas lainnya
Lama Akses
Fakultas
Teknik Informasi
Fakultas Lain
<1jam
2
3
>5jam
4
4
1-3jam
6
3
3-5jam
0
3

Tabel 2 : Perhitungan
Fakultas
Waktu
Teknologi Informasi
Fakultas Lain
<1jam
2/12 x 100 % = 16,67%
3/13 x 100% =23,08%
1-3jam
6/12 x 100% = 50%
3/13 x 100% = 23,08%
3-5jam
0
3/13 x 100% = 23,08%
>5jam
4/12 x 100% = 33,33%
4/13 x 100% = 33,33%

Dari hasil diatas dipilih indikator waktu terlama yaitu 3-5jam dan <5jam. Dapat dilihat pada tabel total responden yang menggunakan jejaring sosial dari fakultas teknologi informasi selama indikator yang ditentukan adalah 33,33% dan prodi lainnya adalah 56,41%. Dapat disimpulkan bahwa 4 responden (33,33%) dari total 12 responden (100%) fakultas TI sering menggunakan jejaring sosial. Sedangkan pada fakultas lainnya terlihat bahwa 7 responden (56,41%) dari total 13 responden (100%) fakultas selain TI sering menggunakan jejaring sosial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa non TI lebih sering menggunakan jejaring sosial dibandingkan dengan mahasiswa fakultas TI.  Hal ini dapat disebabkan karena kebutuhan akan informasi dan menjalin relasi dari jejaring sosial. Mahasiswa selain Fakultas TI lebih memanfaatkan jejaring sosial untuk berbagai keperluan.

Analisis  minat penggunaan jejaring sosial antara Perempuan dan Laki-laki


Tabel 3 : Perbandingan pengguna Perempuan dan Laki-laki
                            Jenis
Waktu                 Kelamin
Perempuan
Laki-laki
<1jam
2/11 x 100% = 18,18%
3/14 x 100% = 21,43%
1-3jam
6/11 x 100% = 54,54%
3/14 x 100% = 21,43%
3-5jam
2/11 x 100% = 18,18%
1/14 x 100% = 7,14%
14>5jam
1/11 x 100% = 9,09%
7/14 x 100% = 50 %

Dari hasil diatas dipilih indikator waktu terlama yaitu 3-5jam dan <5jam. Dapat dilihat pada tabel total responden yang menggunakan jejaring sosial dari jenis kelamin perempuan selama indikator yang ditentukan adalah 27,27% dan yang berjenis kelamin laki-laki adalah 57,14%. Dapat disimpulkan bahwa 3 responden (27,27%) dari total 11 responden (100%) berjenis kelamin perempuan sering menggunakan jejaring sosial. Sedangkan terlihat bahwa 7 responden yang berjenis kelamin laki-laki (57,14%) dari total 14 responden (100%) sering menggunakan jejaring sosial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang berjenis kelamin laki-laki lebih sering menggunakan jejaring sosial dibandingkan dengan mahasiswa yang berjenis kelamin perempuan.

5.2. 3      Analisis Umum

Dari 25 responden yang berasal dari 6 Prodi, 80%  dari total responden sering menggunakan jejaring sosial. 20% yang lain menggunakan jejaring sosial hanya disaat-saat tertentu. Jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Facebook di peringkat kedua jejaring sosial dengan menggunakan Twitter. 
Beberapa hal yang sering dilakukan saat menggunakan jejaring sosial adalah berkomunikasi dengan pengguna jejaring sosial lain. Dan mengutarakan pikirannya di jejaring sosial atau yang disebut “update status” dan bermain Game Online.
Beberapa sisi positif yang didapat saat menggunakan jejaring sosial adalah :
a.       Menambah jaringan pertemanan, dengan jejaring sosial seseorang bisa saja memiliki teman dari berbagai daerah yang mungkin belum pernah dikunjungi.
b.      Lebih percaya diri dalam berbagai hal misalnya berpendapat, menjalin komunikasi dengan teman yang lain, serta dalam membagi informasi.
c.       Lebih dekat dengan Dosen
d.      Mendapat Pacar
Sisi negatif dari jeraring sosial adalah :
a.       Mendapatkan pelecehan karena komentar orang lain
b.      Difitnah
c.       dan menjadi seseorang yang individualis.
Berikut merupakan prosentase pemanfaatan jejaring sosial oleh mahasiswa. Dari 52 kasus terdapat 80,7% yang mendapatkan keuntungan dari jejaring sosial. Sedangkan 19,3% mengalami kerugian yang diakibatkan dari jejaring sosial.
Meskipun banyak pengguna jejaring sosial, namun mereka cenderung lebih menyukai pertemuan langsung atau menggunakan Telephone. Sedangkan fitur Chating digunakan hanya disaat-saat tertentu saja. Beberapa pengguna jejaring sosial pernah melakukan curhat namun hanya sekitar 37,5% yang merasa terbantu dengan curhat . Dengan demikian tidak semua orang pengguna jejaring sosial tergantung dengan jejaring sosial. Karena selain menggunakan jejaring sosial mereka juga mempunyai kegiatan lain misalnya bersosialisasi langsung, menonton film, membaca buku serta beberapa hobi yang lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar